Terungkap, Tempat Paling Kotor di Bandara Melebihi Toilet

Terungkap, Tempat Paling Kotor di Bandara Melebihi Toilet

Terungkap, Tempat Paling Kotor di Bandara Melebihi Toilet – Tahukah Anda tempat paling kotor di bandara? Apakah tempat paling penuh kuman di bandara? Kamar mandi? Area tunggu yang ramai itu? Penghitung paspor? Jawaban yang benar tidak disebutkan di atas.

Baca Juga: Tumpukan Padat Ikan Penis Bikin Warga California Geger

Sebuah studi baru dari tim ahli dari Universitas Nottingham di Inggris dan Institut Nasional Finlandia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan yang diterbitkan dalam jurnal Penyakit Menular BMC telah mengungkapkan bahwa baki plastik keamanan bandara adalah penyebab terbesar penyebaran kuman di bandara. Jadi lain kali Anda meletakkan telepon, paspor dan laptop Anda ke dalam baki – mungkin ada baiknya menggunakan pembersih tangan.

Penjelasan Studi

Tim memantau tingkat kuman pada berbagai permukaan di bandara Helsinki-Vantaa di Finlandia selama musim dingin 2016. Germaphobes akan takut mengetahui bahwa mereka menemukan bukti virus pada 10% dari semua tempat yang mereka uji.

Tempat paling  berkuman lainnya adalah terminal pembayaran toko, rel tangga, counter paspor, area bermain anak-anak dan – yang tak terhindarkan – di udara. Ada bukti rhinovirus – penyebab flu biasa – ditambah beberapa tanda-tanda influenza. Anehnya, pembersih bandara  tidak mendeteksi virus yang berterbangan di udara di permukaan toilet.

Jonathan Van Tram dari School of Medicine di University of Nottingham mengatakan bahwa hasil studi ini mendukung kasus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana infeksi virus menyebar. Dia menambahkan, orang-orang dapat membantu meminimalkan penularan dengan mencuci tangan dan batuk secara higienis dalam sapu tangan, tisu atau selongsong setiap saat, terutama di tempat-tempat umum.

Baca Juga: Tradisi-tradisi Unik Malam Perayaan Tahun Baru di Dunia

Untuk mengetahui kebenaran tentang tempat paling kotor di bandara, InsuranceQuotes.com, situs web asuransi berbasis di Texas, meminta para peneliti melakukan 18 uji coba di enam permukaan berbeda di tiga bandara utama AS dan penerbangan maskapai. Mereka menggunakan swab kit untuk mengidentifikasi bintik-bintik dengan jumlah rata-rata bakteri tertinggi

Hasilnya? Tempat paling kotor di bandara sebenarnya adalah kios check-in mandiri yang berisi rata-rata 253.857 CFU. Pada urutan kotor kedua untuk tempat paling kotor di bandara adalah sandaran tangan bangku maskapai yang berisi sedikit lebih dari 21.000 CFU. Tombol air mancur menempati posisi ketiga dengan lebih dari 19.000 CFU.

Para peneliti juga melihat tempat-tempat paling berkuman di pesawat terbang yang sebenarnya.  Sementara pesawat terbang mengandung sedikit lebih sedikit kuman daripada bandara, mereka juga dipenuhi dengan bakteri dan sel jamur. Menurut penelitian, tombol flush kamar mandi pesawat adalah yang paling kotor dengan rata-rata 95.145 CFU. Gesper meja baki dan sabuk pengaman mengikuti jauh di belakang dengan 11.595 dan 1.116 CFU.

Tentu saja, ketika Anda memikirkannya, tidak ada tempat-tempat kotor ini yang benar-benar mengejutkan, mengingat kios dan meja baki check-in mandiri mungkin adalah barang yang paling banyak disentuh di bandara dan di pesawat terbang. Tetapi untuk menempatkan hal-hal dalam perspektif bandara dan pesawat terbang jauh lebih kotor daripada mengatakan, kursi toilet bandara, yang berisi 172 CFU, atau meja dapur dengan 361 CFU.

Semua bandara dan pesawat terbang memiliki satu kebenaran yang sama — tidak ada ruang publik yang terhindar, mulai dari air mancur ke kursi pesawat terbang ke nampan makanan dan pegangan toilet, ada ratusan permukaan yang menciptakan tempat berlindung yang aman untuk kuman dan penyakit.

Bersiaplah dengan pembersih Anda sendiri atau tisu anti-bakteri untuk membersihkan tangan dan menyeka permukaan, terutama yang mungkin Anda gunakan untuk makan. Sementara pesawat dibersihkan di antara penerbangan, tidak ada cukup waktu untuk setiap permukaan dibersihkan.

Segera setelah Anda sampai di tempat duduk Anda, luangkan waktu beberapa menit lagi dengan lap basah anti-bakteri untuk membersihkan sandaran kepala, sandaran lengan, gesper kursi, meja baki, warna jendela, dan tombol apa pun. Itulah cerita tentang Terungkap, Tempat Paling Kotor di Bandara Melebihi Toilet yang perlu Anda ketahui.


Comments are closed.