Tradisi-tradisi Unik Malam Perayaan Tahun Baru di Dunia

Tradisi-tradisi Unik Malam Perayaan Tahun Baru di Dunia

Tradisi-tradisi Unik Malam Perayaan Tahun Baru di Dunia – Umumnya, kebanyakan orang merayakan malam tahun baru dengan makan malam bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang tercinta. Tak sedikit yang berpesta dengan menikmati barisan botol alkohol, sampanye, dan menutup malam dengan ciuman mesra tepat ketika jarum jam berada di angka 00.00.

Baca Juga: Tumpukan Padat Ikan Penis Bikin Warga California Geger

Ternyata, sejumlah negara di dunia memiliki tradisi unik dalam merayakan malam pergantian tahun. Tradisi-tradisi tersebut sangat bervariasi, tetapi intinya sama, yaitu menikmati makanan dan minuman bersama-sama orang terkasih sembari saling memberikan harapan agar tahun baru memberikan kemakmuran dan kebahagiaan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menjadi tradisi Tahun Baru di beberapa negara di dunia:

Hopping John, Amerika Selatan

Tradisi makanan Tahun Baru utama di Amerika Selatan adalah Hoppin ‘John yang merupakan hidangan kacang polong rasa babi atau kacang hitam (melambangkan koin) dan nasi. Biasanya sering disajikan dengan collard atau sayuran hijau lainnya (serupa warna uang) dan roti jagung (warna emas). Hidangan ini dipercaya membawa keberuntungan di tahun baru.

Baca Juga: Terungkap, Tempat Paling Kotor di Bandara Melebihi Toilet

Berdasarkan mitos dan cerita-cerita rakyat yang tersebar, nama makanan ini diambil dari akar tradisi Afrika dan India Barat. Kemungkinan besar dibawa oleh seseorang pada zaman perbudakan Amerika  ke Amerika Utara. Buku The Carolina Housewife karya Sarah Rutledge menuliskan bahwa resep Hoppin John tercipta sejak tahun 1847 dan telah ditafsirkan ulang sepanjang waktu oleh sejumlah koki profesional dan koki rumahan.

Dua Belas anggur, Spanyol

Sementara orang Amerika menyaksikan bola jatuh di Times Square pada Malam Tahun Baru, orang-orang Spanyol menonton siaran dari Puerta del Sol di Madrid, di mana orang-orang berkumpul di depan menara jam di alun-alun sampai dengan lonceng berbunyi jelang pergantian tahun.

Mereka yang berada di alun-alun dan mereka yang menonton di rumah mengambil bagian dalam tradisi tahunan yang tidak biasa: Pada tengah malam, mereka makan satu anggur untuk setiap denting dari bel jam. Beberapa bahkan menyiapkan anggur mereka – mengupas dan menyemai – untuk memastikan mereka mengonsumsinya dengan efisien saat tengah malam tiba.

Kebiasaan ini dimulai pada pergantian abad ke-20 dan konon dipopulerkan oleh produsen anggur di bagian selatan negara Spanyol. Sejak itu, tradisi ini terus menyebar ke banyak negara berbahasa Spanyol.

Mereka yang menghabiskan Malam Tahun Baru di Madrid harus pergi ke Puerta del Sol sebelum tengah malam. Ini adalah alun-alun yang ramai, dikelilingi oleh bar, restoran, dan perbelanjaan, destinasi yang tempat dan baik untuk merayakan pergantian tahun.

Mie Soba, Jepang

Orang-orang Jepang menghabiskan waktu pergantian tahun baru di dalam kehangatan keluarga dengan menikmati  mie soba atau toshikoshi soba. Mereka berkumpul sampai dengan tengah malam untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang berlalu dan menyambut tahun yang diharapkan lebih baik serta membawa keberuntungan.

Tradisi ini berawal dari abad ke-17. Mie soba yang panjang melambangkan umur panjang dan kemakmuran. Dalam kebiasaan lain yang disebut mochitsuki, orang-orang Jepang menghabiskan hari mencicipi kue beras mochi menjelang tahun baru.

Kue beras terbuat dari Nasi manis, beras ketan yang sudah dicuci, direndam, dikukus, dan ditumbuk sehingga tercipta tekstur yang halus. Kemudian, para tamu bergiliran mencubit potongan untuk dijadikan roti kecil yang kemudian dimakan sebagai pencuci mulut.

Kransekage, Norwegia

Kransekage, secara harfiah adalah kue karangan bunga. Bentuknya seperti menara kue yang terdiri dari banyak cincin konsentris saling menumpuk. Kue ini dibuat pada malam tahun baru dan acara-acara khusus lainnya di Denmark dan Norwegia. Kue dibuat menggunakan marzipan, sebotol anggur atau Aquavit dituangkan di bagian tengah dan dihiasi dengan ornamen, bendera, atau kerupuk.

Itulah beberapa Tradisi-tradisi Unik Malam Perayaan Tahun Baru di Dunia. Selain itu, Anda juga dapat bermain slot online dengan mudah.


Comments are closed.